1. Calon Guru Fisika/IPA pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

a) Menguasai dasar-dasar ilmu fisika dan pengembangannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
b) Memiliki kemampuan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program pembelajaran.
c) Memiliki keterampilan melaksanakan kegiatan praktikum fisika.
d) Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran fisika yang inovatif dan menarik dan teknologi terapan fisika.
e) Memiliki pemahaman tentang proses pembentukan perilaku individu dalam proses pendidikan.
f) Memiliki pemahaman tentang hubungan dan integrasi sains dan Islam.
g) Menguasai dasar-dasar ilmu komputer dan pengembangannya.
h) Memiliki ketrampilan dalam mengembangkan kurikulum fisika pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
i) Memahami teori dan desain penelitian bidang pendidikan fisika dan fisika dan mampu menerapkannya dalam penelitian dan penulisan ilmiah.
j) Memiliki pengetahuan bidang sains terkait dan keterampilan dasar menggunakan perangkat matematika.
k) Mampu menyesuaikan diri dalam menjalankan profesinya secara mandiri dan percaya diri.
l) Mampu berpikir secara dinamis dalam memahami permasalahan pendidikan.
m) Memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.

2. Asisten Peneliti bidang Pendidikan Fisika, dan Fisika.

a) Menguasai dasar-dasar ilmu fisika dan pengembangannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
b) Memahami teori dan desain penelitian bidang pendidikan fisika, dan fisika serta mampu menerapkannya dalam penelitian dan penulisan ilmiah.
c) Memiliki keterampilan dalam menganalisi hasil penelitian.
d) Mampu menyesuaikan diri dalam menjalankan profesinya secara mandiri dan percaya diri.
e) Mampu berpikir secara dinamis dalam memahami permasalahan pendidikan fisika dan fisika serta pengembangannya.
f) Memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, dan berakhlak mulia.

3. Pengembang  Teknologi Informasi dan Komunikasi.

a) Menguasai dasar-dasar ilmu fisika dan pengembangannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
b) Menguasai dasar-dasar ilmu komputer dan pengembangannya.
c) Memiliki kemampuan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program pembelajaran.
d) Memiliki pengetahuan tentang pembuatan dan pengembangan media pembelajaran fisika yang inovatif dan menarik dan teknologi terapan fisika.
e) Memiliki kemampuan manajerial dalam mengembangkan kurikulum fisika sekolah dasar dan menengah.
f) Memiliki pengetahuan bidang sains terkait.
g) Mampu menyesuaikan diri dalam menjalankan profesinya secara mandiri dan percaya diri.
h) Mampu berpikir secara dinamis secara cepat dan tepat dalam memahami permasalahan pendidikan fisika dan pengembangannya.
i) Memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, dan berakhlak mulia.

4. Pranata laboratorium Fisika/IPA.

a) Menguasai dasar-dasar ilmu fisika dan pengembangannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
b) Memiliki pengetahuan dan keterampilan menggunakan alat ukur dan membimbing kegiatan praktikum fisika.
c) Memiliki pengetahuan tentang pembuatan dan pengembangan media pembelajaran fisika yang inovatif dan menarik dan teknologi terapan fisika.
d) Menguasai dasar-dasar ilmu komputer.
e) Memiliki pengetahuan bidang sains terkait dan keterampilan dasar menggunakan perangkat matematika.
f) Mampu menyesuaikan diri dalam menjalankan profesinya secara mandiri dan percaya diri.
g) Mampu berpikir secara cepat dan tepat dalam menyelesaikan permasalahan laboratorium.
h) Memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.