KURIKULUM 2020
1. Capaian Pembelajaran Sikap (CPS)
a) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme, serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan Negara;
e) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f) Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
g) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
h) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
i) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
j) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2. Capaian Pembelajaran Pengetahuan (CPP)
b) Menguasai prinsip dan aplikasi fisika matematika, fisika komputasi dan instrumentasi;
c) Menguasai prinsip, karakteristik, fungsi dan aplikasi teknologi yang relevan dengan bidang fisika;
d) Menguasai konsep umum, prinsip, metode, teknik dan pengetahuan operasioanl lengkap tentang fungsi, cara mengoperasikan instrument fisika yang umum, analisis data dan informasi dari instrument tersebut;
e) Menguasai prinsip, karakteristik, fungsi dan aplikasi piranti lunak pada bidang fisika;
f) Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarism secara khusus, dalam hal jenis plagiarism, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya.
3. Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus (CPKK)
b) Mampu menghasilkan model matematis atau model fisis yang sesuai dengan hipotesis atau prakiraan dampak dari fenomena yang menjadi subjek pembahasan ;
c) Mampu melakukan percobaan (eksperimen) fisika berbasis model yang dirancang secara bertanggung jawab, menganalisis data dan informasi yang diperoleh dari eksperimen, dan menghasilkan kesimpulan yang tepat sesuai dengan standar etika ilmiah ;
d) Mampu menganalisis berbagai solusi alternatif yang tersedia terhadap permasalahan fisis dan menyimpulkan untuk pengambilan keputusan yang tepat;
e) Mampu memprediksi potensi penerapan perilaku fisis dalam teknologi;
f) Mampu memilih secara tepat dan menerapkan teknologi dan piranti lunak yang relevan dalam menyelesaikan permasalahan fisis;
g) Mampu mendeseminasikan hasil kajian masalah dan perilaku fisis dari gejala sederhana dalam bentuk laporan atau kertas kerja sesuai kaidah ilmiah baku ;
h) Mampu memanfaatkan keilmuan fisika dalam kehidupan sehari-hari.
4. Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum (CPKU)
b) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
c) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni;
d) Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam perguruan tinggi;
e) Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
f) Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
g) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
h) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
i) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi.
j) Menerapkan pemikiran logis, kritis,sistematis,dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya;
k) Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsisaintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;
l) Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
m) Mengelola pembelajaran secara mandiri;
n) Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KURIKULUM 2024
Kode | Deskripsi CPL |
---|---|
CPL01 | Mampu menunjukkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menginternalisasi nilai kemanusiaan dan norma, memiliki nasionalisme serta menghargai keanekaragaman budaya dan agama.[S] |
CPL02 | Mampu menunjukkan sikap tanggung jawab dan kepedulian sosial serta menginternalisasi nilai-nilai kedisiplinan, kemandirian dan dapat bekerja sama dalam menyelesaikan berbagai masalah [S] |
CPL03 | Mampu mendeduksi konsep-konsep fisis berdasarkan prinsip-prinsip pokok fisika dengan menggunakan perangkat matematik serta penerapannya dalam pengembangan IPTEK [P] |
CPL04 | Mampu menguasai dan mengimplementasikan integrasi ilmu keislaman dengan ilmu fisika [P] |
CPL05 | Mampu menerapkan kaidah-kaidah ilmiah dalam pengembangan atau implementasi IPTEK di bidang fisika dengan menerapkan nilai humaniora [KU] |
CPL06 | Mampu mengkaji implementasi IPTEK dalam bentuk deskripsi saintifik untuk penyelesaian masalah sesuai bidang keahliannya [KU] |
CPL07 | Mampu berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak di bidang keahliannya dalam mendukung penyelesaian tugas yang berada di bawah tanggungjawabnya [KU] |
CPL08 | Mampu merumuskan gejala dan masalah fisis melalui analisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen; [KK] |
CPL09 | Mampu menghasilkan model matematis atau model fisis yang sesuai dengan hipotesis atau prakiraan dampak dari fenomena yang menjadi subyek pembahasan; [KK] |
CPL10 | Mampu menganalisis berbagai solusi alternatif yang ada terhadap permasalahan fisis dan menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat; [KK] |
CPL11 | Mampu memprediksi potensi penerapan perilaku fisis dalam teknologi; [KK] |
CPL12 | Mampu mendiseminasikan hasil kajian masalah dan perilaku fisis dari gejala sederhana dalam bentuk laporan atau kertas kerja sesuai kaidah ilmiah baku.[KK] |