Gambar Struktur Kelompok Penelitian Inovasi Pembelajaran dan Asesmen

Kelompok Penelitian Inovasi Pembelajaran dan Asesmen pada program studi pendidikan fisika adalah sebuah tim yang berfokus pada pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan pendekatan asesmen yang lebih holistik dalam konteks pendidikan fisika. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika dengan memanfaatkan pendekatan yang lebih adaptif, interaktif, dan sesuai dengan perkembangan peserta didik. Kelompok ini terdiri dari para akademisi, peneliti, dosen, dan mahasiswa yang memiliki minat dalam memajukan praktik pendidikan fisika.

Topik Penelitian:

  1. Pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal.
  2. Pengembangan praktikum fisika.
  3. Model Pembelajaran STEM.
  4. Pengembangan modul untuk keterampilan abad 21.
  5. Analisis Literasi Sains Siswa.
  6. Pengembangan instrumen tes untuk menganalisis keterampilan berpikir tingkat tinggi.
  7. Pedagogical content knowledge pada mahasiswa calon guru fisika.
  8. Pengembangan bahan ajar untuk pembelajaran kreatif dan terintegrasi dengan unity of sciences.
  9. Pengembangan pembelajaran proyek untuk kreativitas dan kemandirian mahasiswa.